Minggu, 05 Desember 2010

Pentingnya Pengembangan Diri

Di dunia bisnis yg sering dibahas adalah masalah modal, marketing, keuangan, promosi dan hal-hal teknis lainnya yang langsung kelihatan. Padahal ada sisi lain yang sangat penting dan sangat berperan dalam menentukan kesuksesan seorang pebisnis yaitu masalah karakter dan kepribadian. Inilah yang banyak menyebabkan jatuhnya seorang pengusaha.

Kalau karakter seseorang bermasalah maka sebagus apapun faktor lain (marketing, keuangan, promosi)jadi tidak akan bermakna. Seorang pebisnis yang jago ilmu marketing tapi dia punya sifat rendah diri maka ilmu marketingnya tidak akan berarti apa-apa. Orang yang jago keuangan tapi tidak memiliki keberanian maka dia tidak akan pernah berani meginfestasikan uangnya untuk sebuah bisnis baru. Orang yang jago manajemen tapi bersifat otoriter maka tidak akan efektif ilmu manajemennya.

Untuk itu, kita harus kembali memperkokoh pondasi kita sebagai seorang pebisnis dengan memperkuat karakter dan kepribadian kita. Dengan ini, faktor-faktor lain akan berdiri dengan kokohnya. Bidang Keuangan, manajemen, modal dan marketing ibarat tiang bangunan rumah usaha kita. sedangkan karakter dan kepribadian seperti kejujuran, keberanian, percaya diri, dan kerendahatian ibarat fondasi. Tiang itu akan berdiri kokoh bila fondasi karakternya kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar